PEMBINAAN TIM PUSKESMAS DI POSYANDU BALITA DAN LANSIA


Kesehatan merupakan hak asasi ( UUD 1945, Pasal 28 H ayat 1 dan UU No. 36 Tahun 2009 tentang Kesehatan ) dan sekaligus sebagai investasi, sehingga perlu diupayakan, diperjuangan, dan ditingkatkan oleh setiap individu dan oleh seluruh komponen bangsa agar masyarakat dapat menikmati hidup sehat dan pada akhirnya dapat mewujudkan derajat kesehatan masyarakat yang optimal.

Sejalan dengan perkembangan paradigm pembangunan, telah ditetapkan arah kebijakan pembangunan kesehatan yang tertuang dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah (RPJM) 2010-2014 bidang kesehatan. Salah satu bentuk upaya pemberdayaan masyarakat di bidang kesehatan adalah menumbuhkembangkan posyandu.

Posyandu merupakan salah satu bentuk Upaya Kesehatan Bersumber daya Masyarakat (UKBM) yang dikelola dan diselenggarakan dari, oleh, untuk, dan bersama masyarakat dalam penyelenggaraan pembangunan kesehatan, guna memberdayakan masyarakat dan memberikan kemudahan kepada masyarakat dalam memperoeh pelayanan kesehatan dasar, utamanya untuk mempercepat penurunan angka kematian ibu dan bayi.

Upaya pengembangan kualitas sumberdaya manusia dengan mengoptimalkan potensi tumbuh kembang anak dapat dilaksanakan secara merata apabila sistem pelayanan kesehatan yang berbasis masyarakat seperti posyandu dapat dilakukan secara efektif dan efisien dan dapat menjangkau semua sasaran yang membutuhkan layanan kesehatan anak, ibu hamil, ibu menyusui, dan ibu nifas.

Di wilayah kerja UPT Puskesmas ada 45 posyandu balita dan 45 posyandu lansia yang tersebar di 12 desa. Hari senin kemarin tanggal 6 Januari 2014 telah dilakukan pembinaan dan penyuluhn posyandu balita dan lansia di Posyandu Taman Desa Hadiwarno. Tim puskesmas dapat terdiri dari dokter, bidan, petugas gizi, sanitasi ,P2 dan penyuluh kesehatan. Kegiatan ini akan berjalan rutin sesuai jadwal yang telah ditetapkan.
Sebarkan artikel ini :

Post a Comment

Terima kasih :)

 
Copyright © 2011. Puskesmas Ngadirojo Pacitan - All Rights Reserved
Powered by Blogger | admin by Wira Swastika